Games

Manfaat dan Khasiat Buah Nanas

Buah nanas atau bahasa Inggrisnya Pineapple banyak sekali kita jumpai. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah. Buah nanas bisa anda dapatkan baik di supermarket ataupun pasar tradisional. Di Indonesia sendiri kota penghasil buah nanas terbesar adalah kota Lampung. Bahkan dari Lampung ini buah nanas sudah diekspor ke luar negri.
Dalam buah nanas mengandung vitamin yang sangat penting bagi tubuh manusia, terutama vitamin A dan vitamin C sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain vitamin tersebut, buah nanas juga mengandung mineral, diantaranya kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Kandungan serat buah nanas dapat memperlancar buang air besar, dan buah nanas juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.
Buah nanas yang telah matang memiliki khasiat sebagai berikut.
1. Bersifat dingin
2. Mengurangi kadar asam lambung yang berlebihan
3. Dapat membantu pencernaan makanan di dalam lambung
4. Kandungan dalam buah nanas juga bisa sebagai antiradang
5. Peluruh kencing (diuretik)
6. Dapat membersihkan jaringan kulit yang telah mati
7. Menghambat pertumbuhan sel kanker
8. Menghambat penggumpalan trombosit.
Dari kandungan vitamin dan mineral di dalam buah nanas ini juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit.
1. Mengobati radang tenggorokan, penyakit cacingan, beri-beri, menurunkan berat badan. Caranya cukup simpel, buat saja jus nanas dan minum secara rutin.
2. Menghilangkan ketombe. Caranya potong buah nanas yang sudah masak seperempat bagian saja. Kupas kulitnya, parut dan ambil airnya dengan cara diperas kemudian disaring. Tambahkan jeruk nipis ke dalam air perasan, aduk sampai rata. Gunakan air campuran nanas dan jeruk nipis ini untuk digosokkan pada kulit kepala. Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan secara rutin 2-3 kali seminggu.
3. Mengobati luka bakar, gatal dan bisul. Caranya daun nanas dicuci bersih, ditumbuk halus kemudian hasil timbukkan oleskan pada kulit yang luka.
4. Mengobati sembelit. Caranya air perasan buah nanas yang belum begitu matang yang rasanya masih asam dapat menyembuhkan sembelit
5. Mengobati radang kulit. Caranya potong nanas yang telah masak separuh saja. Kupas kulitnya lalu parut. Hasil parutan ini oleskan pada kulit yang meradang. Lakukan sekali sehari saja sebelum tidur.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose