Games

Infusoria - Makanan transparan Untuk Larva Ikan

Infusoria - Dunia Dalam Setetes Air
Jika Anda ingin meningkatkan ketahanan hidup benih ikan, yang paling menantang adalah memberi mereka makan. Jika Anda ingin meningkatkan benih ikan seperti lele, nila, dan ikan gurami, Anda dihadapkan dengan makanan-makanan terlihat, (hampir) tak terlihat!

Jenis pertama dari makanan benih ikan muda adalah Infusoria. 'Infusoria' adalah aquaris jangka lama dan mengacu pada bentuk kehidupan mikroskopis yang hidup di semua bak/ kolam ikan, tetapi hampir tidak pernah dalam jumlah yang cukup besar untuk mempertahankan benih ikan dalam jumlah besar.

Pada tahap ini biasanya peternak-aquaris memilih produk komersial yang disebut "Liquifry". Banyak peternak yakin dengan hal itu, tetapi kenyataannya adalah bahwa produk ini tidak begitu banyak tersedia seperti makanan ikan ukuran besar, karena semua Liquifry memberi makan infusoria yang sudah ada di dalam tangki, sehingga meningkatkan pertumbuhan infusoria kecil, organisme yang dimakan benih ikan.

Infusoria sangat penting untuk benih yang sangat kecil itu, saat berenang bebas, hanya dapat memakan makanan hidup yang lebih besar. Bahkan benur udang air garam dan cacing mikro mungkin terlalu besar untuk benih ikan yang sangat kecil. Sebagai peternak yang bertanggung jawab, Anda tidak ingin hal ini menjadi urusan besar dan rumit. Sebuah penawaran yang baik dari infusoria karena itu diperlukan untuk membantu benih ikan Anda melewati hari-hari penting pertama kehidupan mereka dan memastikan bahwa perut mereka selalu penuh. Satu-satunya cara untuk memastikan itu, adalah dengan kultur dan makan pasokan infusoria.

Hal ini tidak sulit, juga bukan barang mahal, dan Anda tidak perlu jas lab dan mikroskop untuk melakukannya!

Tapi mari kita melakukan penelitian pertama!

Gambar di bawah, yang diambil dengan lensa makro, memberikan gambaran betapa sulit benih ikan kecil bisa bertahan !

Larva Ikan


Jadi, apa itu infusoria?

Ini membantu untuk memikirkan infusoria si 'plankton' air tawar, karena itulah pada dasarnya Infusoria mengacu pada hampir semua organisme mikroskopis yang hidup hampir di semua air tawar. Daftar ini tak ada habisnya, jadi kami tidak menyebut setiap organisme yang bisa di budaya seperti infusoria, tetapi beberapa yang utama meliputi:

Algae (Volvox)
amuba
Euglena
paramecium
rotifera
Stentor
Vorticella.

Infusoria sangat penting bagi siapa saja yang mencoba untuk budidaya ikan, karena banyak benih yang baru menetas bisa bertahan hidup sepenuhnya bergantung pada infusoria mikroskopis pada hari-hari awal kehidupan mereka. Memiliki ketersediaan pasokan infusoria dapat membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan untuk penetasan seluruh benih ikan. Hal ini juga memberikan benih Anda optimal terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Yang paling bergizi dari organisme infusoria adalah rotifera dan ciliates seperti paramecium.

Dimana Infusoria Dapat Ditemukan?

Infusoria hidup dalam semua lingkungan berair - kolam, sungai, vas dengan bunga potong, di mana-mana air hadir. Air murni, seperti yang dibeli di toko-toko dan restoran, relatif bebas dari organisme tersebut. Air ledeng sangat diobati terhadap organisme insuforia. Tapi sumber air dan bahkan genangan air di pinggir jalan harfiah berkerumun dengan mikroskopis organisme/ infusoria. Ini adalah dunia yang kita bahkan tidak menyadari, di mana ribuan makhluk kecil makan dan dimakan hanya dalam satu tetes air!

Demikian juga, semua akuarium memiliki infusoria - Namun, kita sebagai aquaris terus-menerus melawan 'buih atau air hijau' masalah dalam akuarium kita. Setiap kali plankton mekar membuat penampilan buruk dalam aquarium atau wadah kita, dan terutama dalam akuarium baru, kita memperlakukan fenomena sebagai masalah, bukan budaya makanan. Kita mengganti air kita, filter dan 'cat' itu, dan menambahkan sejumlah besar bahan kimia, semua dalam upaya untuk berkilau, air bersih dan jelas!

Jadi, tidaklah mengherankan bahwa jumlah infusoria dalam tangki kita tidak memadai untuk meningkatkan benih. Oleh karena itu kita harus budidaya infusoria untuk memberi makan benih ikan kita. Namun, sebelum menggali bagaimana memulai budaya infusoria, adalah bijaksana untuk mengetahui di mana tidak tersedia infusoria.

Hal ini tidak biasa bagi aquaris akan disarankan untuk ke kolam terdekat dan mengambil air untuk mendapatkan kultur starter yang baik untuk infusoria. Namun, praktek yang membawa resiko yang cukup besar. Aquaris waspada mungkin membawa sejumlah air dalam botol kecil air tambak.

Dalam keseimbangan alam, di luar sana, semuanya dibutuhkan untuk menyelesaikan siklus yang tak terhitung jumlahnya. Untuk menyebutkan beberapa kutu air,  capung, hydra, planaria, dan larva kumbang, menyelam sangat produktif, dan banyak yang cukup jahat. Beberapa di antaranya akan makan apa saja yang mereka bisa dapat tangkap - termasuk benih ikan Anda. Bahkan kumbang biasanya dianggap bermanfaat dalam kolam,  bisa berbahaya untuk benih ikan kecil.

Tak perlu dikatakan, bahaya sedikit-banyak manfaat, ketika mengambil air untuk memulai budidaya infusoria. Pilihan terbaik adalah untuk memulai budidaya sendiri di dalam ruangan, menggunakan barang-barang Anda sendiri dalam keadaan higienis, sehingga Anda justru dapat mengontrol apa yang ada dalam produk akhir.

Pembiakan Infusoria

Ada beberapa 'resep' di bawah ini, tetapi untuk memahami apa yang terlibat didalamnya, dan apa yang terjadi selama budaya infusoria, izinkan kami meringkas:

Yang paling bergizi diinginkan dari protista planktonik mungkin rotifera, namun ciliates juga menyediakan nutrisi yang baik. Yang paling akrab di antara ciliates infusorian adalah paramecium, yang Anda mungkin masih ingat dari Biologi SMA. Strategi yang fleksibel membantu mereka berkembang biak sangat cepat, sehingga budidaya Anda akan matang dalam hitungan hari.
Paramecia dan semua makhluk planktonik bersel tunggal non-photosynthesizing lainnya memakan bakteri yang memecah zat-zat organik. Jadi membudidaya mereka, Anda harus menyediakan beberapa bahan organik yang busuk, suhu sekitar 28 ° C dan kesabaran yang cukup untuk empat hari yang diperlukan untuk budidaya.

Persyaratan untuk budaya infusoria sederhana:

Budaya pertama dalam air, ditambah nutrisi organik, terkena sinar matahari yang kuat, tetapi kehangatan stabil 28-28,5 ° C, pada pH yang stabil dan agak basa di atas pH 7,0. Jika air yang Anda gunakan terlalu lembut, lapisan dangkal karang hancur di bagian bawah wadah Anda dapat membantu untuk menjaga pH di atas 7,0.

Anda akan butuh air yang sudah kaya dengan populasi melimpah dari organisme yang Anda cari, daripada air ledeng dechlorinated. Air terbaik datang langsung dari mata air.

Anda juga perlu habitat infusoria Anda dalam wadah transparan/ kaca bening, dengan permukaan yang lebar untuk permukaan udara/ air maksimal. Alasan untuk memilih kaca adalah bahwa hal itu mudah dibersihkan dan juga karena dapat lebih mudah menilai keadaan habitat infusoria.

Budaya infusoria dewasa harus berbuih, tetapi tidak buram, dengan "kolam" bau matang, tapi tidak bau bakteri busuk. Seiring waktu, bau menjadi bersih. Namun demikian, keluarga Anda mungkin ingin Anda untuk menjaga/ menutupi dengan selembar kaca atau plastik.

Perhatikan bahwa air budaya yang terlalu kaya organik, dikombinasikan dengan tidak cukup aerasi, hanya akan mendorong fermentasi bakteri, yang tidak Anda inginkan.

Banyak aquarists mengklaim bahwa mereka mendapatkan hasil yang lebih baik dengan aerasi cahaya kontinyu, seperti tingkat oksigen yang rendah menghambat bakteri aerobik.

Nutrisi organik memicu bakteri pengurai yang membentuk dasar ekosistem kasar. Jadi Anda harus menambahkan beberapa materi nabati. Daun selada layu dibiarkan di udara dikeringkan sampai mereka rapuh, kemudian hancur, akan menjadi pilihan pertama kita.

Seiring infusoria tumbuh, air akan menjadi keruh. Pada awalnya, jika Anda memiliki mata yang tajam, infusoria akan terlihat seperti partikel debu kecil; biasanya dapat terlihat pergerakan infusoria dengan mata telanjang. Pemeriksaan setetes air di bawah mikroskop akan mengkonfirmasi pertumbuhan infusoria tersebut.


Sangat disarankan agar tidak melewatkan artikel berikut : Tips Dan Trik Budidaya Daphnia Untuk Pakan Ikan Tambahan
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose