Games

Kenali Anemia, Jenis, Penyebab Dan Cara Penanganannya


Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin turun ke bawah dari normal. Tingkat hemoglobin diukur dalam gram per 100 mililiter . Hitungan normal hemoglobin pada pria berkisar 13-18 grams/100ml dan 12-16 gram pada wanita. Seseorang yang jumlah darah lebih rendah dari kisaran di atas dikatakan anemia .
 


Jenis :

Dalam hal pengobatan , anemia dari berbagai jenis tidak memiliki gejala yang sama. 

 Anemia Defisiensi Besi : Kekurangan kadar besi menyebabkan hemoglobin dalam tubuh tidak cukup. Kekurangan ini ditemukan terutama pada wanita. Dikatakan bahwa salah satu miligram zat besi sangat dibutuhkan untuk tubuh sehari-hari tanpa yang satu tidak bisa lepas kekurangan zat besi.

 Anemia Sel Sabit : Terjadi dengan generasi sel darah abnormal berbentuk sabit merah yang menyebabkan pembatasan parah sel darah merah . Anemia Sel Sabit lebih dekat ke anemia hemolitik yang juga mengarah pada penghancuran sel darah merah . Dengan kata lain, penyakit ini digambarkan sebagai penyakit Hemoglobin S . Nyeri sendi , infeksi dan penyakit jantung sering ditemukan pada pasien anemia sabit.

Pernicious Anemia : Jenis anemia ini diidentikkan sebagai anemia pernisiosa dengan alasan bahwa usus menjadi tidak mampu menyerap vitamin B12 yang cukup, yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah . Anemia pernisiosa dikaitkan dengan orang yang menderita tiroid dan diabetes, sehingga menimbulkan masalah dalam gerakan dan visi. 

Anemia Thalessemia : Adalah anemia genital menyebabkan kerusakan pada gen yang membantu dalam memproduksi sel darah merah. Jenis anemia ini dapat terjadi dalam dua tahap - ringan atau berat. Thalassemia ringan memiliki gejala minor yang dapat diobati sementara keparahan kebutuhan transplantasi sumsum tulang. 

Anemia Hemolitik : anemia hemolitik terjadi dengan tahap di mana sel-sel darah merah hancur pada tahap awal . Selama periode hemolitik , antibodi dalam sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel darah merah yang menyebabkan kondisi parah pada beberapa pasien. Anemia sel sabit dan thalessemia adalah warisan dari anemia hemolitik . 

Anemia aplastik : Jenis paling langka dari anemia ditemukan pada orang adalah anemia aplastik dimana tubuh menghasilkan sel darah merah yang tidak memadai dan putih. Anemia ini dapat disebabkan karena penggunaan bahan kimia beracun, obat-obatan dan terapi radio. 

Gejala :
  
Gejala yang paling umum pada pasien anemia ini adalah kelelahan karena kurangnya oksigen ke jaringan tubuh. Anemia ini pada tahap awal mungkin tidak keluar dengan gejala apapun tetapi dapat dideteksi hanya dengan bantuan tes darah. Beberapa gejala antara lain:
  

    Kelelahan
    Masalah dalam bernapas
   
Denyut jantung tidak teratur
   
Sakit kepala
    
Kesulitan dalam tidur
   
Kulit pucat
    L
apisan merah sepanjang mulut
   
Kelopak mata memudar

    Periode tidak normal pada wanita
   
Detak jantung yang cepat
   
Rambut rontok
    
Perasaan sakit


Dalam kasus keparahan, gejala berikut dapat terjadi :
 
 
    Nyeri dada yang parah atau serangan jantung
    
Peningkatan detak jantung
   
Pingsan
    
Kulit berwarna kuning atau ikterus pada anemia hemolitik
    
Terdengar bisikan di jantung
   
Pembesaran limpa
   
Sembelit
    
Kurangnya konsentrasi
   
Sensasi kesemutan
   
Cahaya melayang
    
Borok kaki ( dalam kasus anemia sel sabit ) 


Penyebab :
  
Penyebab paling penting bagi anemia dikatakan berada di bawah produksi sel darah merah. Pengurangan

jumlah hemoglobin disebabkan karena kekurangan zat besi dan vitamin dalam makanan. Hemolisis atau penghancuran sel darah merah adalah penyebab lain. Pada pasien anemia hemolitik, sel darah merah yang hancur cepat di mana sumsum tulang menjadi lemah yang membuat kerugian. Sebuah pendarahan hebat selama periode menstruasi atau pasokan lebih dari darah selama kehamilan juga dapat menyebabkan anemia. Kemungkinan alasan lain seperti penggunaan obat tertentu, gen yang diwariskan, gagal ginjal, kehilangan darah selama operasi dan sistem kekebalan tubuh yang rusak dapat menyebabkan ketidakmampuan sel darah merah. Orang yang menderita kanker atau borok gastrointestinal dapat menjadi anemia karena mereka mengalami aliran darah yang berlebihan.Anemia dapat disebabkan oleh usia tua karena pola makan yang buruk atau penggunaan berlebihan obat-obatan. Konsumsi alkohol dengan vitamin kurang dalam diet, orang yang menderita kanker darah seperti leukemia atau limfoma mungkin cenderung untuk terkena penyakit anemia. 

Diagnosis :
  
Tes darah lengkap akan menjadi tes diagnostik yang paling disarankan. Sebuah pengamatan yang cermat dari detak jantung, paru-paru selama pernapasan cepat dan pemeriksaan perut untuk menganalisis ukuran limpa dan hati dapat dengan mudah mendiagnosa anemia. Tes-tes lain termasuk Hemoglobin elektroforesis, besi dan feritin tes. Sebuah tes retikulosit mengukur jumlah sel darah merah yang diproduksi dalam darah.

Pengobatan

  
Anemia dapat diobati tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gejala. Pengobatan bertujuan untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Konsumsi zat besi atau vitamin suplemen dalam tubuh dengan diet dapat menjadi pengobatan terbaik untuk anemia. Daging, ayam, ikan, sayuran berdaun, buah-buahan kering, sereal dan roti kaya kandungan besi. Vitamin B 12 suplemen yang ditemukan dalam produk susu, daging, telur dan sereal. Asam folat dapat ditingkatkan dengan mengambil sumber yang baik dari roti, telur, bayam dan sayuran berdaun lainnya, pisang dan jeruk. Vitamin C diperoleh dari sayuran dan buah jeruk.Beberapa obat-obatan juga dapat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah merah. Antibiotik, obat-obatan untuk mengobati kekurangan hormon, obat-obatan untuk mencegah kerusakan sel darah merah mungkin bisa membantu dalam pengobatan anemia. Terapi khelasi diresepkan untuk keracunan timah untuk menghindari risiko menjadi anemia terutama pada anak-anak. Dalam kasus keparahan, transfusi darah, darah dan sumsum transplantasi sel induk akan lebih efektif. Kadang-kadang lebih dari perdarahan dapat menyebabkan anemia dan operasi yang mungkin terbukti menjadi lebih bermanfaat dalam kasus tersebut. 

Pengobatan di rumah :
  
Ujung pertama yang dapat dengan mudah diikuti di rumah adalah untuk menghindari teh dan kopi karena mereka menghentikan penyerapan zat besi. Makan satu atau dua apel dan buah ara kering sehari-hari juga akan membantu dalam mengendalikan anemia. Pernapasan dan latihan ringan akan meningkatkan tingkat darah.Di atas segalanya, diet kaya zat besi dan asupan vitamin adalah tindakan preventif yang paling penting untuk mengusir masalah anemia.




    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose