Games

Manfaat dan Khasiat Buah Naga

Buah naga atau nama latinnya hylocereus polyrhizus pertama kali ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah. Tumbuhan ini masuk dalam kategori tumbuhan kaktus dan masih dalam keluarga Hylocereus dan Selenicereus. Penanaman buah naga sangat mudah dengan modal yang sangat minim, maka dari itu banyak petani lokal yang menbudidayakan buah naga.


Buah naga saat ini dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau, beda dengan pertama kali ditemukannya buah ini, harganya sangat mahal waktu itu. Sama seperti buah apel, buah naga ini juga banyak sekali kandungan dan manfaatnya.

Di dalam satu buah naga memiliki kandungan zat gizi berikut.

1. 1,3 mg Niasin
2. 0,044 mg Riboflavin
3. 0,0 mg Tiamin
4. 9 mg Vitamin C
5. 0,43 mg Vitamin B3
6. 0,045 mg Vitamin B2
7. 0,043 mg Vitamin B1
8. 0,65 mg Besi
9. 36,1 mg Fosfor
10. 8.8 mg Kalsium
11. 0,012 mg Karoten
12. 0,9 g Serat kasar
13. 0,61 g Lemak
14. 0,28 g Ash
15. 0,229 g Protein
16. 83 g Moisture

Sedangkan manfaat buah naga itu sendiri diantaranya:

1. Menghambat Penuaan Dini
Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Kandungan zat di dalam buah naga akan akan mengeluarkan racun dengan efektif.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kandungan Vitamin C pada buah naga cukup tinggi hingga 9 mg. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka otomatis akan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

3. Menambah Nafsu Makan
Buah naga juga mengandung Vitamin B1 dan Vitamin B2. Kedua vitamin ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan nafsu makan. Bagi anda yang sedang dalam masa penyembuhan dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga agar nafsu makan anda tidak hilang.

4. Mampu Menangkal Kanker
Kandung antioksiden pada buah naga juga berpengaruh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Kandungan zat dalam buah naga yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh adalah Vitamin B3. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memperlancar peredaran darah dan jantung.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga juga mengandung Karoten yang dapat membantu menjaga mata tetap sehat. Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan menjaga mata anda dari kerusakan dini.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Bila buah naga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka secara otomatis buah naga juga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain mengkonsumsi buah naga, untuk menjaga kesehatan jantung anda juga perlu berolah raga secara teratur.

8. Mencegah Penyakit Diabetes
Buah naga mengandung zat yang sangat efektif untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga maka anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

9. Memperkuat Tulang dan Gigi
Buah naga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi (36,1 mg Fosfor dan 8.8 mg Kalsium). Mengkonsumsi buah naga secara teratur akan menjaga tulang dan gigi dari keropos.

10. Menyehatkan Kulit
Buah naga juga bisa mengobati jerawat. Kandungan Vitamin C inilah yang bisa digunakan sebagai obat penghilang jerawat sekaligus akan menjaga kulit anda tetap halus setelah sembuh dari jerawat.

Selain 10 manfaat buah naga di atas, ada juga efek samping dari mengkonsumsi buah naga. Mengkonsumsi buah naga yang berlebihan, apalagi sebelum perut terisi makan akan menyebabkan perut kembung dan terasa sakit. Untuk itu sangat disarankan sebelum mengkonsumsi buah naga terlebih dahulu anda harus makan nasi.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose