Games

Manfaat dan Khasiat Daun dan Buah Sirsak

Buah sirsak selain rasanya yang cukup enak ternyata juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita. Buah sirsak dapat menjadi alternatif pengobatan jika anda mengalami gangguan kesehatan. Apa saja penyakit yang bisa diobati dengan buah sirsak ini? Sebelum anda mengetahui lebih jauh manfaat buah sirsak ini terlebih dahulu akan saya sampaikan kandungan di dalam buah sirsak.

Dalam 100 gr buah sirsak mengandung beberapa zat gizi berikut:


  • Vitamin C 20 mg atau asam karbonat
  • Folat 14 mg atau Vitamin B9
  • Protein 1 g
  • Kalsium 14 mg
  • Magnesium 21 mg
  • Fosfor 27 mg
  • Potasium 278 mg
  • Natrium 14 mg
  • Zat besi 0,6 mg
  • Serat 3 g
  • Gula 13 g
  • Kalori 66 kkal
Setelah mengetahui kandungan dalam buah sirsak kini anda juga wajib mengetahui manfaat dari buah sirsak, diantaranya:
1. Sebagai obat penyakit kanker
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Amerika Serikat bahwa suah sirsak ini ternyata memiliki kandungan yang dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Penyakit kanker yang bisa diobati dengan buah sirsak ini antara lain kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan ada lagi 12 penyakit kanker lainnya yang bisa dicegah dengan buah sirsak ini.
Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak, cuci sampai bersih, rebus ke dalam air sebanyak 3 gelas. Biarkan mendidih sampai airnya cuma tersisa kira-kira 1 gelas. Minum air rebusan ini 2 kali sehari selama minima 2 minggu ke depan.
2. Sebagai obat ambeien
Selain bisa mengobati kanker, buah sirsak juga bisa mengobati penyakit ambeien. Caranya dengan meminum  air buah sirsak yang sudah matang, minum 2 kali sehari dan rasakan khasiatnya.
3. Sebagai obat penyakit kandung kemih
Buah sirsak juga bisa mengobati sakit kandung kemih, biasanya dikarenakan kantong air seni yang sudah meradang. Caranya buah sirsak yang masih setengah matang dibuat kolak, ditambah garam dan gula secukupnya.
4. Mengobati penyakit anyang-anyangen (sering buang air kecil)
Untuk cara pengobatannya sama dengan penyakit kandung kemih di atas, yaitu dengan membuat kolak buah sirsak.
5. Mengobati sakit pinggang
Jika anda sering mengalami sakit pinggang, cobalah untuk membuat ramuan dari daun sirsak. Caranya, ambil 20 lembar daun sirsak kemudian rebus ke dalam 5 gelas air. Biarkan ramuan ini mendidih hingga volume air tinggal 3 gelas. Minum ramuan ini 3/4 gelas saja, 1 kali sehari cukup.
6. Mengobati penyakit bisul
Cara mengobati sakit bisul dengan daun sirsak sangatlah mudah, petik daun sirsak, remas-remas kemudian tempelkan pada kulit yang bisulan.
7. Mengobati asam urat
Asam urat dapat diobati dengan memakan buah sirsak, karena kandunga Vitamin C dalam buah sirsak yang cukup banyak yaitu 20 mg per 100 g buah sirsak matang. Dengan Vitamin C ini akan berakibat meningkatkan pengeluaran asam urat dalam tubuh. Selain itu Vitamin C dalam buah sirsak juga sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai macam penyakit.
Demikian manfaat dan khasiat daun dan buah sirsak beserta kandungan yang ada di dalam buah sirsak yang wajib anda ketahui, semoga bermanfaat bagi anda.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose