Games

Beberapa keunggulan kolam terpal untuk budidaya ikan




Ya seperti kita tau bahwa kolam terpal bisa di tempatkan di mana saja lahan sempit, membelok dll tetap bisa di atur sesuka kita, bongkar pasangnya pun tidak susah, misalkan ingin di pindah tempat, bersihka jauh lebih mudah, dan yang paling penting biaya pembuatan kolam jauh lebih murah, simak Beberapa ke unggulan kolam terpal budidaya ikan di bawah ini.

Kolam terpal bisa di buat pada lahan yang air nya terbatas
Bagi anda yang tinggal di kawasan sulit mendapatkan air mengalir namun ingin membudidaya ikan, kolam terpal merupakan solusi yang pas untuk budidaya ikan..
Suhu dalam kolam terpal terbilang stabil
Pengalaman pembudidaya gurami di Kulon Progo membuktikan kolam terpal mampu menahan fluktuasi perubahan suhu kolam yang biasanya terjadi saat perubahan musim, rahasianya terletak pada alas sekam yang ditebar sebelum terpal di pasang, untuk menghilangkan sekam pada kolam saat musim kemarau, alas sekam tersebut bisa disiram air agar cepat membusuk, proses pembusukan sekam ini kemudian menghasilkan panas yang pada akhirnya mampu menjaga suhu air di kisaran ideal untuk budidaya gurami.
Ikan tidak bau tanah
Biasanya ikan yang di budidaya pada kolam terpal lebih di sukai konsumen, karena tidak bau tanah.
Proses panen yang relatif lebih mudah
Karena ukurannya yang umumnya tidak terlalu besar, yang biasanya hanya sampai pada ukuran konsumsi umumnya, selain itu dasaran kolam terpal biasanya hanya terdapat sedikit lumpur atau malah tidak ada sama sekali sehingga panen ikan di kolam terpal lebih mudah untuk dilakukan.
Perawatan terbilang lebih mudah
Proses pembersihan untuk perawatan kolam terpal sebelum digunakan kembali jelas lebih cepat dibanding dengan kolam tanah, proses pembersihan dan pengeringan ini lazim dilakukan para pembudidaya ikan guna mematikan calon penyakit, virus dan hal-hal yang dapat menggangu berkembangnya ikan, Kolam tanah umumnya memerlukan waktu 2-7 hari untuk proses pengeringan, kolam terpal hanya memelukan waktu beberapa jam saja atau paling lambat 1-2 hari untuk pengeringan.
Penebaran bibit lebih banyak
Rata-rata pem budidaya ikan di kolam tanah umumnya jarang dilakukan pembersihan kotoran ikan dan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam, penumpukan sisa pakan dan kotoran ikan ini kemudian akan menghasilkan amonia dan hidrogen sulfida yang bersifat racun bagi ikan, ikan pun kemudian ogah untuk berenang di dasar kolam, akibatnya ruang gerak ikan menjadi terbatas.
Nah pada kolam terpal kotoran ikan dan sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam lebih mudah dibersihkan dengan cara disedot ataupun di di ganti, ruang gerak ikan menjadi lebih luas karena ikan dapat berenang di dasar kolam tanpa takut teracuni amonia.
Hama dan penyakit sangat jarang
Jika perawatan di lakukan dengan benar dan teliti, hampir hama dan penyakit yang mengganggu perkembangan ikan khususnya bibit jarang ditemui di kolam terpal, selain itu ikan yang di budidayakan pada kolam terpal relatif jarang terserang penyakit.
Dari kesimpulan Beberapa ke unggulan kolam terpal budidaya ikan di atas semoga bisa membantu anda yang masih kesulitan memilih kolam yang tepat di area anda.



    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose