Games

Pembesaran Ikan Patin, Agar Lebih Menguntungkan

Pembesaran ikan patin hingga saat ini tetap menguntungkan. Selain permintaan konsumen di beberapa daerah tetap tinggi dan pasokannya masih rendah, juga dapat dijual dengan harga lebih tinggi dari biaya oprasionalnya. Namun usaha ini bisa lebih menguntungkan apabila setiap pembudidaya menggunakan pakan alternatif, selain pelet. Dengan demikian, biaya pakan tambahan dapat ditekan serendah mungkin.
Pakan alternatif apa yang bisa diberikan untuk ikan patin. Uf-two dan beberapa rekan pernah mencobanya di Subang Jawa Barat. Uji coba itu membawa hasil yang posistif dan dapat menekan jumlah pakan tambahan berupa pelet. Pakan alternatif tersebut adalah sisa-sisa restoran. Bahan itu diperoleh dari beberapa rumah makan di daerah sekitarnya dan hanya menggunakan biaya untuk mengangkutnya saja.
Sisa-sisa restoran tersebut diberikan sebagai selingan pada pemberian pakan harian. Pada pagi hari, saat pemberian pakan pertama kali diberikan pelet sebanyak 25 persen dari dosis total. Siang hari, sekitar pukul 11.00 diberikan sisa-sisa restoran, di tempat pemberian pakan biasanya. Ternyata bahan itu dimakan habis. Pada pukul 14.00, diberikan kembali pelet dan pada sore hari, sekitar pukul 16.00 diberi kembali sisa restoran.
Setelah dipanen, hasilnya cukup menggembirakan. Jumlah berat ikan hampir sama dengan hasil panen yang diberikan pelet saja. Namun jumlah pakan dapat dikurang hingga 25 persen. Setelah dihitung total biaya produksi dapat ditekan hingga 20 persen. Sudah pasti keuntunganpun bisa bertambah hingga 20 persen. Karena itu, lakukalah cara-cara seperti itu untuk menekan biaya produksi akibat pakan tambahan.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose