Games

Kenali Endometrium & Cara Melakukan Terapi Di Rumah

Endometrium disebut lapisan jaringan yang berkembang di dalam uterus (rahim). Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan endometrium memiliki pertumbuhan di luar rahim seperti sel-sel yang melapisi dan terlihat di daerah panggul, ovarium, saluran tuba atau usus, rektum atau kandung kemih. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri, perdarahan dan bahkan ketidaksuburan. Pendarahan parah terjadi sebagai darah yang mengalir dari jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim, tidak memiliki outlet untuk bergerak. Beberapa wanita mengalami pendarahan parah dan nyeri dengan pertumbuhan kista, lesi dan luka pada jaringan selama siklus menstruasi. Orang lain mungkin merasa tidak nyaman bahkan dalam kasus endometriosis.

Hal ini sering teramati bahwa wanita berusia antara 25 dan 35 didiagnosis akan mengalami endometriosis. Dalam kasus yang jarang terjadi gadis berusia 11 mungkin juga termasuk dalam kategori ini. Hal ini diyakini bahwa perempuan yang menunda kehamilan sampai usia yang lebih tua selalu pada risiko terkena kondisi tersebut.


Gejala
Sangat sedikit gejala yang dapat diidentifikasi selama endometriosis. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami gejala ringan atau berat terjadi sepanjang waktu. Berikut ini adalah beberapa gejala:

Nyeri saat menstruasi
Nyeri panggul parah
Nyeri di perut bagian bawah
Kesulitan untuk hamil
Nyeri selama hubungan seksual
Perdarahan yang tidak teratur atau berat selama periode
Sembelit
Nyeri atau sering buang air kecil selama periode
Darah dalam urin
Kelelahan ekstrim
Nyeri saat buang air besar
Nyeri punggung panggul atau rendah
Diare

Nyeri dada, kejang, sakit kepala dan batuk darah merupakan gejala langka endometriosis.


Penyebab 

Penyebab yang tepat untuk endometriosis tidak benar-benar jelas . Hal ini diperlakukan menjadi masalah umum . Penyebab yang paling penting mungkin termasuk sel-sel endometrium yang menjadi longgar di mana aliran menstruasi masuk ke tuba falopi dan rongga perut dan panggul selama siklus menstruasi . Hal ini dikenal sebagai aliran retrograde . Sebagian besar wanita menderita aliran retrograde .  

Pertumbuhan sel-sel endometrium yang melapisi organ panggul mungkin juga mengalami pertumbuhan berbagai bentuk jaringan . Alasan lain yang mungkin mungkin menstruasi dini , siklus haid awal , dan perempuan tanpa anak-anak dan blok yang menghentikan aliran selama siklus menstruasi . Potongan kecil dari sel-sel endometrium mungkin pindah ke pembuluh darah atau sistem limfatik dan mencapai bagian lain dari tubuh seperti mata , otak , kulit atau paru-paru . Beberapa wanita dengan sistem kekebalan tubuh rendah dan disfungsi berada pada risiko endometriosis . Orang yang terkena racun lingkungan juga mungkin mengalami efek merugikan pada hormon dan sistem kekebalan tubuh . Hal ini juga mengamati bahwa penyakit ini dapat mempengaruhi orang lain berdasarkan kondisi turun-temurun dari keluarga .  

Diagnosa

Diagnosis endometriosis mungkin tidak akan sangat jelas bahkan bagi perempuan. Namun, gejala yang paling umum untuk endometriosis dapat diamati dengan nyeri panggul. Melakukan cek up fisik secara menyeluruh secara mungkin juga menunjukkan gejala penyakit. Pemeriksaan panggul membantu dokter kandungan untuk mendiagnosa penyakit. USG transvaginal membantu dalam mengidentifikasi penyakit lebih jelas. Laparoskopi panggul adalah tes lain untuk mengangkat jaringan dan melakukan biopsi. Hal ini dilakukan di bawah anestesi umum untuk mengamati sampel di bawah mikroskop. Ultra suara, scan MRI, CA 125 dan tes lainnya juga dapat membantu dalam mengenali penyakit meskipun tidak satupun dari mereka benar-benar mengungkapkan konfirmasi.
 


Pengobatan

Tidak ada obat yang mutlak bagi endometriosis. Namun, perawatan meningkatkan dalam pengurangan gejala dan memungkinkan seseorang untuk bekerja dalam kecepatan normal. Pengobatan pertama untuk diberikan kepada pasien tersebut adalah untuk meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh. Terapi hormonal mungkin membantu dalam mengatur aliran saat menstruasi. Pil kontrasepsi oral, pil progesteron atau suntikan, Danazol dan Mirena adalah beberapa obat yang diberikan untuk mengurangi intensitas endometriosis. Obat-obatan mungkin hanya mencegah dari memburuknya situasi. Laproscopy panggul atau laparotomi mungkin merusak pertumbuhan jaringan endometrium dan jaringan parut. Pengangkatan rahim mungkin disarankan untuk perempuan yang tidak bersedia untuk menghasilkan anak-anak di masa depan. Histerektomi juga dapat menjadi solusi yang mungkin untuk penyakit di mana kedua ovarium diangkat.
 


Hal ini sering teramati bahwa semacam terapi yang didasarkan pada faktor-faktor seperti usia pasien, kondisi parah penyakit dan kemauan ingin anak di masa depan.

Komplikasi

Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan. Nyeri panggul mungkin menjadi tak tertahankan dan mengganggu kegiatan lainnya. Kista mungkin terbentuk di pelvis dan dapat menyebabkan sakit parah. Kadang-kadang gastrointestinal dan saluran kemih mungkin mengalami penyumbatan setelah implan endometriosis. Penggunaan pil progesteron atau suntikan dapat menyebabkan depresi, meningkatkan berat badan dan menyebabkan noda darah. Penggunaan berlebihan obat menyebabkan nyeri pada payudara, mual, dan cacat hormonal lainnya. Dalam kasus yang jarang terjadi tempat di mana endometriosis berkembang mungkin mengalami kanker ovarium setelah tahap menopause pada wanita.


Pencegahan

Penggunaan pil KB dapat mencegah penyakit untuk meningkatkan intensitasnya. Penggunaan pil kontrasepsi oral dapat mengurangi aliran saat menstruasi dan juga mengurangi risiko perdarahan retrograde. Hal ini sering disarankan untuk menghindari anak-anak menikah dan pembatasan pada usia dini. Perubahan gaya hidup, mengambil diet sehat, latihan dan terapi alami dapat membantu dalam pencegahan endometriosis.


Hal ini sering teramati bahwa jenis pengobatan didasarkan pada faktor-faktor seperti usia pasien, kondisi parah penyakit dan kemauan untuk menginginkan anak di masa depan.

Terapi Di Rumah

Pencegahan terbaik untuk endometriosis adalah untuk menghindari racun dalam makanan. Makan makanan sehat, minum banyak air dan termasuk jus buah dalam diet bantuan seorang perempuan untuk bebas dari penyakit tersebut. Membersihkan dan perawatan area 'v' , karena kebiasaan bagi perempuan, mereka tahan untuk menyembunyikan penyakit dalam hati. Terutama selama siklus menstruasi sangat disarankan seorang wanita untuk menjadi lebih sadar tentang kebersihan. Melakukan latihan fisik juga membantu dalam membawa keluar racun yang tidak perlu dalam tubuh dalam bentuk keringat. Beberapa jenis latihan terapi spiritual juga dapat membantu dalam keseimbangan pikiran dan pemikiran.


Teh jahe akan membantu bagi orang yang mengalami mual. Disarankan bahwa menempatkan es batu di perut akan meringankan rasa sakit. Ikan dikatakan makanan terbaik untuk menghilangkan endometriosis. Hal ini lebih baik untuk menghindari produk susu seperti susu, keju dan mentega karena membuat penyakit menjadi lebih buruk. Penggunaan kubis meningkatkan keadaan estrogen dalam tubuh. Biji rami, biji-bijian utuh beberapa, dan salad berfungsi sebagai obat alami terbaik untuk mengobati endometriosis.
Namun, sangat jelas bahwa tidak ada kepastian dalam menyembuhkan endometriosis. Terapi hormon dan laparoskopi panggul mungkin tidak memenuhi tujuan. Endometriosis menyebabkan infertilitas pada beberapa wanita. Operasi laparoskopi mungkin memperbaiki kondisi infertilitas.

    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose