Games

Ciri-Ciri Ikan Nila Jantan Dan Betina

Sosok ikan nila tubuhnya memanjang dan memiliki sisik yang agak besar. Selain itu, ikan nila juga memiliki sisik berjenis cycloid yang menutupi seluruh tubuhnya. Sisik ikan nila lebih besar di bandingkan dengan ikan mujair. Sisik nila umumnya merupakan sisik berduri.

Nila jantan memiliki tubuh agak membulat dan pendek di banding dengan nila betina. Warna ikan nila jantan umumnya lebih cerah dari nila betina. Dibagian anus ikan nila jantan terdapat alat kelamin yang memanjang dan terlihat cerah. Alat kelamin ini semakin cerah ketika tumbuh dewasa atau matang gonad dan siap untuk membuahi telur.
ikan nila jantan

Sementara itu ikan nila betina mempunyai warna sisik yang agak kusam dan tubuhnya agak memanjang. Di bagian anus nila betina terdapat dua tonjolan membulat. Satu untuk keluar telur dan satunya untuk keluarnya kotoran.

Ikan nila mencapai dewasa biasanya sekitar 5-6 bulan jika perawatan di lakukan secara teratur. pada masa 5-6bulan induk betina mampu bertelur 1000 hingga 1400 butir. Setelah telur di buahi oleh induk jantang maka akan di erami di mulut induk betina hingga larva.


    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose