Games

Budidaya Strawberry Aquaponik Diatas Kolam Ikan



Limbah kolam ikan, baik lele, nila, gurame atau yang lainnya, seringkali menjadi masalah yang lumayan serius. Banyak cara yang dikembangkan oleh petani modern, baik itu melalui metode bioflok atau cara lainnya.
Pada artikel kali ini, akan kita ulas satu cara yang paling populer saat ini, yah..., aquaponik. Dan anda para pecinta aquaponik akan mulai dimanjakan dengan semakin seringnya azolla.web.id mengulas tentang aquaponik, hidroponik, aeroponik dan sejenisnya.

Oke, langsung saja ke pokok tema kita...,
Strawberry, wow siapa yang gak ngences mendengar nama buah ini, segar, asem, manis.... hmmm.
Untuk membudidayakan strawberry dalam metode aquaponik tidaklah terlalu rumit, terlebih lagi, jika anda tinggal di dataran tinggi atau pegunungan, jika tidak bisa disiasati dengan menyediakan pelindung, baik pepohonan atau lainnya, misalnya greenhouse, hal ini karena tanaman straberry lumayan rentan terhadap sinar matahari yang terlalu terik.

Media untuk membuat hidroponik atau tempat menanam strawberry tidak jauh berbeda dengan yang lainnya.
Bahan-bahan yang bisa dipergunakan sebagai media antara lain :
1. Cup plastik atau styrofoam ( bisa juga media lain yang lebih sesuai keinginan anda misalnya ember )
2. Paralon, media ini bisa digunakan untuk menempatkan cup plastik.
3. Styrofoam, sebagaimana metode yang diulas di Cara Membuat Hidroponik Apung Untuk Kolam Ikan.

Untuk mendapatkan nutrisi bagi strawberry, perlu dibuat penghantar limbah ikan yang terdapat di dasar kolam ke paralon tempat strowberry ditanam. Penghantar tersebut bisa menggunakan pompa air celup atau buat penghisap air manual ( tanpa listrik ) ini akan lebih menghemat biaya.

Artikel ini diulas, kebetulan pas 'Idul Adha, jadi belum sempurna, karenanya jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di form bawah, Inya 'Allah kami akan senang hati akan membantu anda.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose