Games

Perubahan Warna Air Kolam Bioflok




Dari warna hijau (di awal), menjadi putih keruh (agak kuning), berangsur-angsur menjadi kemerahan (merah coklat sampai merah ungu). ini terjadi dalam pembentukan floc dalam kolam lele

  • 1. warna hijau karena air didominasi algae / phytoplankton.. gelembung di dinding gelas karena saat dijemur algae berfotosintesis menghasilkan oksigen. saat kolam ikan masih berwarna hijau menunjukkan bahwa bahan organik dalam air masih rendah.
  • 2. Seiring dgn penambahan pakan, tetes dan probiotik maka bahan organik dalam kolam meningkat dan bakteri probiotik berkembang sehingga lama-kelamaan menyaingi plankton sehingga warna plankton (hijau) pelan-pelan berkurang hingga menjadi putih atau keruh..
  • 3. Masa transisi dari dominasi plankton -ke dominasi bakteri. perkembangan lactobacillus dan bacillus yang diberikan terus berkembang dan membentuk floc serta pH air terus menurun. 
  • 4. Senyawa asam organik dan CO2 terus bertambah sehingga kolam memerlukan adanya tambahan oksigen yang diperoleh dari aerasi (pompa)penambahan karbon organik (molase, tepung terigu) akan terus merangsang perkembangan bacillus dan lactobacillus, mengikat amonia disintesis menjadi protein dalam kondisi cukup oksigen.

Dengan semakin tingginya bahan organik, oksigen yang cukup rendah (4 mg/L), asam organik yg cukup tinggi menyebabkan tumbuhnya bakteri fotosintetik sehingga secara perlahan-lahan terjadi perubahan warna ke arah merah (merah coklat-merah ungu). bakteri ini akan menyerap amonia, asam sulfida yang bersifat racun. sehingga air kolam menjadi lebih aman bagi ikan.


    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose