Games

Cara Memberi Makan Ikan Nila Yang Benar

Biaya pakan merupakan satu perhitungan terpenting di budidaya ikan, terhitung sekitar 40% dari harga jual.

Pakan nila Komersial yang diformulasikan, biasanya mengandung 32% sampai 40% protein dapat dijadikan makanan ikan pilihan atau protein berbasis kedelai, dengan mantan yang lebih cocok untuk ikan. Palatabilitas/ kelezatan sangat penting, agar ikan dapat lahap menyantapnya - dan satu yang sering diabaikan oleh ahli gizi, produsen pakan dan pembudidaya ikan sendiri.

Pelet apung lebih dianjurkan, agar tetap di permukaan sampai dikonsumsi. Meski harganya lebih mahal. Pelet tenggelam lebih mudah untuk memproduksinya dan lebih murah. Tapi bisa terbenam dalam lumpur dasar tambak. Ini bisa diatasi dengan membuat penahan buatan seperti penggunaan waring dan lain-lain, agar ikan dapat menemukan pelet yang telah tenggelam dasar kolam.

Dalam prakteknya, banyak pelet yang dirancang untuk mengapung akhirnya tenggelam dengan cepat, Vitamin C merupakan unsur penting dan tidak boleh dihilangkan dari formulasi pelet. Jika ya, itu harus disediakan dalam beberapa bentuk oleh pemberian makanan tambahan. Dalam setiap sistem re-sirkulasi, air tidak boleh dipupuk secara langsung saat ada ikan di dalam kolam. Proses ini sering disalahpahami. Air kolam dipupuk menggunakan pupuk kandang untuk meningkatkan produktivitas alami organisme makanan. Tentu cara ini sama halnya dengan meracuni ikan di kolam dengan amonia! Wah, bisa-bisa ikan malah pada ngapung alias mati.

Ikan tidak makan pupuk. Sebaliknya itu merusak air, dan populasi alami zooplankton (hewan mikroskopis) dan fitoplankton (ganggang mikro) yang didorong untuk menyediakan makanan berlimpah bagi ikan. Lakukan ini dalam sistem tertutup, namun Anda menanggung risiko penipisan oksigen dan pengayaan amonia - kombinasi berpotensi mematikan dalam ruang tertutup dari sistem re-sirkulasi.

Pakan nila yang tersedia secara komersial (4mm dan pelet 5mm juga tersedia).

Sejumlah Pakan tambahan dapat - dan harus - diberi makan untuk nila. Mereka menurunkan biaya dan meningkatkan kesehatan ikan. Gulma/ rerumputan sering disebutkan dalam konteks ini, karena relatif tinggi protein, kaya vitamin C dan serat memberikan. Masalah dengan rumput adalah bahwa ia bersaing dengan ikan untuk ruang tangki. Selain itu, tidak diizinkan untuk pola perairan alami, atau bahkan tambak ikan, karena merupakan tanaman asing invasif yang dapat dengan cepat menurunkan atau bahkan sama sekali menutupi badan air.

Cacing tanah dan alfalfa

Hanya satu jenis ikan tidak akan makan cacing tanah: yang mati! Cacing tanah merupakan pakan tambahan yang sangat baik, dengan kandungan protein diperkirakan 60%. Budidaya cacing tanah relatif mudah, terutama jika ada pasokan kotoran kering. Sayangnya, Anda akan perlu untuk memanen banyak cacing setiap hari untuk memberikan ikan Anda dengan cukup, sehingga budaya cacing skala kecil hampir tidak berharga.


Ikan nila, tidak seperti hewan darat, bisa mencerna baru dipotong Alfalfa hijau dapat membantu nila mengatasi kembung yang menyebabkan nila tidak mau makan. Tanaman ini tinggi protein, vitamin dan mineral, juga ekonomis karena dapat dipotong berulang kali. Ini terutama disukai oleh ikan nila. Peternak ayam sering bertanya apakah mereka bisa memberi makan ikan diengan belatung dan di produk-produk limbah. Saya memiliki keberatan tentang hal ini, karena belatung putih memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, sesuatu yang sistem pencernaan ikan nila mungkin berjuang untuk mengatasi. Hal ini akan membentuk topik penelitian yang menarik.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose