Games

Cara Mengkonfigurasi Sebuah Sistem Aquaponik




Pernah terfikirkah oleh anda, bahwa anda tinggal di lokasi perumahan yang sempit, tetapi anda ingin sekali bercocok tanam sambil berbudidaya ikan ?! Jika hal ini yang masih anda cari solusinya, maka pola aquaponik adalah jawabannya.

Di berbagai negara maju, sistem ini sudah berkembang pesat, bukan saja karena sempitnya lahan, tapi kebutuhan akan sayuran segar tanpa kimia berbahaya serta kebutuhan gizi dari mengkonsumsi ikan yang semakin pesat.

Dalam artikel kali ini kami akan ulas lebih jauh tentang aquaponik dan kami akan berbagi 6 langkah sederhana untuk membangun sebuah ekosistem di  pekarangan rumah anda.

6 tips sederhana untuk mengkonfigurasi sistem aquaponik:

1 Dasar-dasar
Dapatkan beberapa tanaman starter dan tanam dengan media tanam pelet leca, biasanya tersedia di toko pertanian, yang akan menggantikan tanah konvensional Anda.

Tanaman Starter: Beli dari pembibitan, atau cari benih tanaman yang sesuai keinginan anda.

Pot: Daur Ulang gelas plastik dengan melubangi/ disodok di bagian bawah. Pelet leca/ pelet media akuaponik. Idealnya, pelet seharusnya sudah diatur di air kolam - seperti pelet kami yang nyaman dengan bakteri.

2. Media tanam
Pasang tempat tanaman anda ke pipa PVC putih dan pastikan untuk mengebor lubang dengan diameter 10mm.

Dapatkan pipa PVC putih, dan tabung L yang menghubungkan pipa di toko bangunan.


3  Hal-hal yang baik dari bakteri
Bakteri dalam pelet mengubah amonia menjadi nitrat, menciptakan tanaman pangan dan pupuk/ amonia yang di proses kembali menjadi nitrat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ikan.

4. Kondisi air
Air di dasar kolam sangat banyak mengandung amonia dari sisa makanan atau kotoran ikan. Air dasar ini akan menjadi masalah bagi ikan, karenanya ini harus dibuang, dan dalam pola aquaponik amonia ini dialirkan ke tanaman melalui pipa pvc dengan mesin pompa. Dan Tanaman akan merubah air yang mengandung amonia menjadi nitrat.

5. Kolam/ aqua kultur

Gunakan kolam ikan yang sudah ada, atau aquarium kaca. Atau kolam plastik/ terpal.

Ikan budidaya : Ikan Nila adalah ujicoba yang mudah. Boleh juga ikan lele, tapi anda harus rajin sortir.

6. Aerasi

Aerasi yang baik bisa anda ciptakan sekaligus dalam pola aquaponik, dalam hal ini anda harus pandai memodifikasi agar air yang mengucur dari tanaman mampu mengantarkan oksigen yang memenuhi kebutuhan ikan anda ( Kata kuncinya : Ikan yang sehat tergantung dari aerasi yang baik ). 

Gunakan pompa air ( bisa pompa air celup ) untuk mengatur aerasi.






 
    Blogger Comment
    Facebook Comment
 
Copyright © 2013. 'Azolla' Fish Farm - All Rights Reserved
Template Created by ThemeXpose